Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMAN Bernas

Babinsa Koramil 09 Langgam Memberikan Materi PBB Dan Wawasan Kebangsaan

Babinsa Koramil 09 Langgam saat Memberikan Materi PBB Dan Wawasan Kebangsaan kepada SMAN Bernas Pangkalan Kerinci***
MEDIATRANSNEWS, PELALAWAN - Babinsa Koramil 09/Langgam Serda Afrizal memberikan materi pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Materi Wawasan Kebangsaan kepada Siswa – Siswi yang baru dalam Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMAN Bernas Pangkalan Kerinci, Pangkalan Kerinci (12/07/2017) , 

Dalam kegiatan PBB kali ini jenis materi yang diajarkan adalah PBB dasar meliputi antara lain yaitu sikap sempurna yang baik, cara meluruskan barisan, jalan ditempat, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, sikap istirahat saat menerima pengarahan, cara perpindahan pasukan dan cara penghormatan.

“Pelaksanakan latihan PBB ini harus dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat karena kegiatan ini merupakan sebagai salah satu cara seseorang membentuk kedisiplinan dirinya.

Materi ini sangat penting diketahui bagi para pelajar karena akan membentuk kedisiplinan, kekompakan dan semangat Bela Negara.

Tujuannya agar putra putri penerus bangsa tersebut kedepannya memiliki kepribadian yang disiplin, semangat untuk rela berkorban dan Bela Negara yang tinggi, selain itu pula kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan kedekatan antara prajurit TNI AD dengan rakyat seperti yang terdapat pada selogan yang berbunyi, “Bersama Rakyat TNI AD Kuat” tegas Serda Afrizal

Wawasan kebangsaan adalah suatu usaha dalam rangka meningkatkan Nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah negara kesatuan Indonesia.

Dengan pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara.

Semangat kebangsaan atau Nasionalisme merupakan bagian dari Wawasan Kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan guna mempertahankan tegaknya NKRI, sekaligus sebagai manivestasi dari kesadaran Bela Negara.

“Agar siswa/siswi mengikuti dengan serius acara pembekalan ini, agar dapat membentengi diri dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi dan jangan terjerumus dengan berbagai kenakalan akibat seringnya membaca dan melihat situs-situs yang gampang ditiru.

Seperti pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya yang disebabkan ketidak pahaman akan wawasan kebangsaan yang berakibat membahayakan bangsa sendiri” ungkap Serda Afrizal.(P031Wb/Mtn)***

TERKAIT