Bupati Nias Sepakat Menandatangani Pernyataan

Komitmen JKN-KIS Untuk Kesehatan Masyarakat

Bupati Nias saat mendatangani Komitmen JKN-KIS bersama BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli***
MEDIATRANSNEWS, NIAS - Demi mewujudkan Jaminan Kesehatan Masyarakat  di Wilayah Kabupaten Nias, Bupati  Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM melakukan penandatangan Pernyataan Komitmen Dengan BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli  tentang dukungan terhadap  pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan mendukung tercapainya Universal Health Coverage (UHC) bagi masyarakat Kabupaten Nias paling lambat pada tanggal 31 Desember 2018. Penandatanganan komitmen penuh ini, sebagai dukungan pemerintah daerah Kabupaten Nias, dalam mendukung Program JKN KIS yang juga merupakan nawacita dari pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko widodo, serta dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat yang berada diwiilayah Kabupaten Nias

Dedy Setadi  sebagai Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli dalam sambutannya  menyampaikan bahwa Saya mewakili BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli mengucapkan  terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungandan  kerja sama serta  komitmen yang telah bekerja sama -sama mewujudkan pemenuhan Hak -hak Masyarakat yaitu Hak untuk sehat  yang telah diatur oleh Konstitusi Negara dan UUD Negara Republik Indonesia sesuai yang  dituangkan dalam Surat Komitmen oleh Pemerintah Kabupaten Nias

Lanjutnya Dedy Setadi berharap bahwa  Semoga dengan ditandatanganinya Surat Pernyataan Komitmen ini, maka segala tujuan yang hendak kita capai, dapat segera terwujud guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Nias.

Dengan adanya penandatanganan Surat Pernyataan Komitmen ini, maka Kabupaten Nias Adalah Kabupaten Kedua yang telah berkomitmen untuk mencapai UHC di Kepulauan Nias yang terdiri dari 1 Kota dan 4 Kabupaten.

Kami berharap, dengan adanya komitmen ini, akan memotivasi kabupaten/kota lainnya untuk mengambil langkah yang sama, untuk mewujudkan UHC.

Sebagai informasi sampai dengan 01 Desember 2017 Jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk seluruh segmen di Kabupaten Nias sebanyak 135.188  jiwa atau 88.91% dari jumlah penduduk yang berjumlah 152.048 jiwa. Dengan kata lain dibutuhkan 9.258 Jiwa untuk didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS sehingga syarat minimal untuk UHC dapat terwujud, yaitu 95% dari jumlah penduduk harus menjadi peserta JKN-KIS. Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli bekerja sama dengan  3 Rumah Sakit (FKRTL), yaitu RSUD Gunungsitoli, RSU Bethesda, dan RSUD Lukas Hilisimaetano, dan 87 FKTP yang terdiri dari 71 Puskesmas, 10 Klinik, dan 6 Dokter Praktik Perorang, jelas Dedy.

Bupati Kabupaten Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli MM, menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan cabang Gunungsitoli, yang tetap konsisten dalam mengawal berlangsungnya Program JKN-KIS

"Saya menyampaikan terimakasih kepada BPJS Kesehatan, yang telah hadir di Indonesia, dan konsisten memberikan inovasi dalam perbaikan JKN-KIS guna mewujudkan Jaminan Kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat.

Terkhusus untuk BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, saya berterimakasih atas kerja sama yang telah terjalin diantara Para Pihak. Saya juga berterimakasih atas konsistensi BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli dalam mengawal keberlangsungan program JKN-KIS yang ada di Kepulauan Nias khususnya, tutur Bupati.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Nias, Wakil Bupati Nias ,Plt.Dinas Sosial Kabupaten Nias dan Transmigrasi Kabupaten Nias, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan jajarannya,Kepala Bidang penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan beserta Jajarannya, (UN/Mtn)***
TERKAIT