Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 23 09 2021
INDEX BERITA

Kapolda Riau Berikan Penghargaan Kepada Personil Yang Berprestasi
Tekait Informasi Pengelolaan Dana Kebersihan, PPID Menjadi Senjata Ampuh Pihak RSUD AA

Sosok Mayat Tinggal Tengkorak Ditemukan Di Jalintim Kilometer 55 Pelalawan-Riau
Pergub Riau No. 19 Tahun 2021, Bertentangan Dengan SE Mendagri Tito Karnavian
Bupati Kampar Lepas Godok Bagulo Adventure Kuok
Masyarakat Sungai Linau Bersama KPH Bengkalis Lakukan Pemulihan Hutan Dengan Menanam Tanaman
Kadis Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Eliyas Tutupi Informasi Terkait Kegiatan Proyek
Bupati Kampar Harapkan Kelanjutan Pembangunan Infrastruktur Melalui Dana APBN
Puluhan Miliar APBD Riau TA 2021 Yang Di Alokasikan Di SMKN Riau, Di Pertanyakan
LSM: Rahmat Setiyawan Diduga Bohongi Publik Terkait Proses Pengadaan Sapi
SF Hariyanto Sekda Prov Riau Ikuti Workshop Anti Korupsi Secara Virtual
LSM Desak Wako Pekanbaru Berikan Sanksi Kepada Oknum Pegawai Dinas Yang Bersangkutan
Lima Puluan Masyarakat Sungai Linau Kembali Datangi Lokasi Penanaman Sawit
Kadis: Jumlah Sapi Yang Terbeli 2023 Ekor Tapi Masih Proses Pemilihan Di Pokja
Tidak Mau Hutan Mereka Dirusak, Masyarakat Sungai Linau Protes Perambahan Hutan
Kunker Perdana H.Zukri Bupati Pelalawan Ke Kuala Kampar Kab. Pelalawan
Bupati Zukri Tegaskan: Pemkab Pelalawan Tidak Anti Kritik
AP Alias Renjer Oknum Kades Juga Mantan Anggota Polri Diduga Aniaya RB Hingga Parah
Audensi LSM LIRA Riau Di Terima Langsung Kapolresta Pekanbaru Kombes POL Pria Budi
Bupati Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Padang Pariaman
Keluarga Para Pelaku Berjanji Akan Segara Menyelesaikan Se Cara Kekeluargaan
Bupati Pimpin Rapat Koordinasi Dan Sinkronisasi Forkopimda Bersama Perusahaan Dan Pelaku Dunia Usaha
LSM Segera Usut Pembiayaan Dan Legal Litas Nama-Nama Keamanan RSUD Bangkinang
Gubernur Riau H Syamsuar Resmi Lantik SF Hariyanto Sebagai Sekda Prov Riau
Nias
Sosialisasi Aplikasi E-Planning SIPPD 2018
Bupati Nias Utara Hadiri Pelaksanaan Sosialisasi Aplikasi E-Planning SIPPD 2018

Kamis, 01/03/2018 - 08:37:17 WIB
Bupati Nias Utara M.Ingati Nazara saat menghadiri Gelar Sosialisasi Aplikasi E-Planning SIPPD 2018 diwilayah Nias Utara***
 
MEDIATRANSNEWS, NIAS UTARA - Bupati  Nias Utara M.Ingati Nazara menghadiri serta  membuka secara resmi pelaksanakan Sosialisasi Aplikasi E-Planning Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) di Kabupaten Nias Utara tahun 2018, acara ini difasilitasi  melalui Bappeda Nias Utara,  bertempat  di aula Kantor Bupati Nias Utara.

Kepala Bappeda Kabupaten Nias Utara Yusman Zega A.Pi, MSi dalam laporannya  menyampaikan maksud dan tujuan  pelaksanaan kegiatan sosialisasi E- Planning ini yaitu untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Nias Utara kedepan melalui Aplikasi E-Planning sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat di Kabupaten Nias Utara.

Lanjutnya Yusman Zega memgatakan bahwa tujuannya memberikan informasi dan pemahaman terkait perencanaan yang berbasis elektronik kepada para Stakeholder, meliputi Pemerintah Daerah, SKPD, DPRD dan masyarakat, memberikan informasi dan pemahaman tentang tata cara pembangunan daerah dalam beberapa level dan tahapan penerapannya pada Aplikasi E-planning serta memberikan informasi dan pemahaman dalam pencegahan terjadinya korupsi dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan," tutur Yusman Zega.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan arahannya  bahwa lahirnya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata cara penyusunan, Pengendalaian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembengunan Daerah; dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang tata cara perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah, maka setiap pemerintah daerah wajib menyusun dokumen perencanaan pembangunan diantaranya Renstra, Renja, RKPD, Lakip/LK serta dokuman evaluasi perencanaan pembangunan, adalah dasar hukum yang membuktikan keseriusan pemerintah terhadap perencanaan mulai dari tingkat pusat sampai daerah yang diupayakan melalui sistem perencanaan pembangunan yang berbasis teknologi informasi, Ucap Bupati

Selanjutnya, dokumen Perencanaan dari kegiatan perencanaan Pemerintah Daerah yang terdiri dari: RPJPD, RPJMD, Renstra, RKPD, RKP, dan Renja yang harus di buat sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada.

Berdasarkan dari apa yang dikemukakan diatas, maka dalam proses penyusunan dokumen-dokumen perencanaan pembangunan sangatlah penting sehingga kita dapat bekerjasama dalam menerapkan sistem perencanaan yang berbasis elektronik (E-Planning).

Melalui E-panning ini proses dan tahapan perencanaan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD akan terhimpun secara terencana dan terdokumentasikan sesuai tahapannya, hal ini juga merupakan bentuk pengoptimalan partisipasi masyarakat yang akan berdampak pada penggunaan sumber daya secara efesien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan, hasil dari perencanaan tersebut yaitu Integrasi Data, Sistematis dan terstruktur, Sinkronisasi Data, Data Record. 

Selanjutnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari Provinsi Sumatera Utara oleh Muhammad Safri Lubis dan Yoshida Sari dengan diikuti oleh seluruh peserta sosialisasi.

Sosialiasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE,MM, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Fangatulo Zaga dan Yaaman Telaumbanua SE, MM, Plt Sekda Kabupaten Nias Utara Drs. Fonaha Zega MAP, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Dearah, Kabag Lingkup Sekretariat Daerah, para camat se-Kabupaten Nias utara, Kasubbag Program/Operator masing-masing OPD. (AN/Mtnc)***
Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved