Karena Over Load Tonase Muatan Kendaraan

PU Tarukim Siak Hearing Dengan DPRD Terkait Jalan Rusak Di Siak

PU Tarukim Siak saat Hearing Dengan DPRD Terkait Jalan Rusak Di Siak***

SIAK - Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar beberkan penyebab banyaknya rusak jalan di wilayah daerah Kabupaten Siak.

Dalam hearing dengan pansus C DPRD tersebut, Irving beberkan penyebab dominan rusak jalan di Kabupaten Siak, Jumat 13/04/2018.

Penyebak rusaknya jalan yang terjadi di beberapa wilaya di Kabupaten Siak, adalah karena over load tonase muatan kendaraan kelapa sawit. Karena kelas jalan tak sesuai kapasitas jalan dengan muatan kendaraan, kapasitas jalan 8 ton, sementara sawit yang diangkut dengan kapasitas 12 sampai 20 ton.

Selain itu Erving Kahar juga menyebutkan, "Selain tanahnya labil, ini akan mudah rusak, apa bila dilalui kendaran roda empat yang melebihi tonase dan lagi jalan kita di siak ini, jalan kelas III (tiga)", jelas Irving kepada pansus C DPRD kabupaten Siak.

Hal yang sama disampaikan Kelapa Dinas Perhubungan Siak, Arif Fadillah, membenarkan apa yang disampai oleh Kepala Dinas PU Tarukim memang itu faktornya.

"Bila perlu kita turun ke lapangan bersama, instasi terkait mau pun pihak kepolisian, untuk datang ke perusahan pabrik kelapa sawit dan melihat lansung berapa tonase angkut kendaraan muatan kelapa sawit", jelas Kepala Dinas Perhubungan.

Dalam rapat pansus Komisi C  yang dipimpin langsung Marudut Pakpahan, anggota Zulfi Mursal dan anggota lainnya. Selain itu hadir juga Kabid Darat dan Jasa Transportasi Angkutan Darat dan tenaga Ahli dari konsultan juga ikut turut hadir.(Fg/Mtnc)***
TERKAIT