Koramil Memberikan Materi Pelatihan

Babinsa Koramil 09/Langgam Berikan Materi PBB Dan Bela Negara

Babinsa Koramil 09/Langgam saat Berikan Materi PBB Dan Bela Negara***

PANGKALAN KERINCI - Babinsa Koramil 09/Langgam Pelda Syahawer dan Serka Sahuli Abni memberikan materi pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), senin 2/7/2018.

Dan Materi Bela Negara kepada Siswa – Siswi yang baru dalam Masa Orientasi Siswa (MOS) di MTS1 N Pangkalan Kerinci. Dalam kegiatan PBB kali ini jenis materi yang diajarkan adalah PBB dasar meliputi antara lain yaitu sikap sempurna yang baik, cara meluruskan barisan, jalan ditempat, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, sikap istirahat saat menerima pengarahan, cara perpindahan pasukan dan cara penghormatan.

Adapun Manfaat Bela Negara yaitu :

- Membentuk sikap disiplin waktu,aktivitas,dan pengaturan kegiatan lain.

- Membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.

- Membentuk mental dan fisik yang tangguh.

- Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai dengan kemampuan diri.

- Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok.

- Membentuk Iman dan Taqwa pada Agama yang dianut oleh individu.

- Berbakti pada orang tua, bangsa, agama.

- Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan.

- Menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, tidak disiplin, .

- Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama.

“Pelaksanakan latihan PBB ini harus dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat karena kegiatan ini merupakan sebagai salah satu cara seseorang membentuk kedisiplinan dirinya. Materi ini sangat penting diketahui bagi para pelajar karena akan membentuk kedisiplinan, kekompakan dan semangat bela Negara.

Tujuannya agar putra putri penerus bangsa tersebut kedepannya memiliki kepribadian yang disiplin, semangat untuk rela berkorban dan bela negara yang tinggi,” tegas Pelda Syahawer

“Siswa/siswi mengikuti dengan serius acara pembekalan ini, agar dapat membentengi diri dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi dan jangan terjerumus dengan berbagai kenakalan akibat seringnya membaca dan melihat situs-situs yang gampang ditiru, seperti pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya yang disebabkan ketidak pemahaman akan wawasan kebangsaan yang berakibat membahayakan bangsa sendiri” ungkap Serka Sahuli Abni (Penrem/Mtnc)***
TERKAIT