Menuju Smart City

Diskominfo Gelar Bimtek Tahap II

Kadis Kominfo Firmansyah Eka Putra saat menjadi narasumber pada acara Bimtek tahap II***
PEKANBARU - Dalam rangka mewujudkan Smart City di Lingkup Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap II, Rabu (15/8).

Bimtek ini dilakukan selama dua hari (14-15 Agustus 2018), yang diikuti seluruh jajaran OPD, komunitas, lembaga, dan organisasi yang diperkirakan berjumlah 50 orang di salah satu hotel di Kota Pekanbaru.

Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra mengatakan, Bintek ini dilaksanakan seiring Kota Pekanbaru masuk dari salah satu 100 smart city (kota cerdas) di Indonesia yang dipilih Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Ada enam pilar yang melandasi Kota Pekanbaru lolos dari Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City, antara lain Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar), Smart People (Penduduk yang Pintar), Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar),  Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

"Dalam bimtek ini kita mengharapkan seluruh OPD dapat menyusun masterplan dan terus berinovasi membuat sejumlah terobosan baru melalui ide dan gagasan dengan berbagai strategi untuk mencapai indikator sasaran sesuai dengan bidangnya," ujar Eka.

Bimtek ini juga menghadirkan narasumber dari Akademisi, Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu komputer, Dana Indra, serta perwakilan Direktorat E Government Bagian Infrastruktur Teknologi Kemenkominfo, Febrina Theresia.

Dalam pemaparannya, Dana Indra mengatakan bahwa bimtek ini bertujuan untuk memahami konsep dari smart city dan mampu memberi ide dan usulan untuk pembangunan smart city serta untuk mengidentifikasi program unggulan dari setiap OPD untuk percepatan smart city.

"Smart city merupakan kombinasi antara teknologi baru dan pola pikir, butuh kerjasama dari seluruh OPD untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai salah satu smart city," ungkapnya. (Kmf/Mtnc)***
TERKAIT