Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 23 09 2021
INDEX BERITA

Kapolda Riau Berikan Penghargaan Kepada Personil Yang Berprestasi
Tekait Informasi Pengelolaan Dana Kebersihan, PPID Menjadi Senjata Ampuh Pihak RSUD AA

Sosok Mayat Tinggal Tengkorak Ditemukan Di Jalintim Kilometer 55 Pelalawan-Riau
Pergub Riau No. 19 Tahun 2021, Bertentangan Dengan SE Mendagri Tito Karnavian
Bupati Kampar Lepas Godok Bagulo Adventure Kuok
Masyarakat Sungai Linau Bersama KPH Bengkalis Lakukan Pemulihan Hutan Dengan Menanam Tanaman
Kadis Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Eliyas Tutupi Informasi Terkait Kegiatan Proyek
Bupati Kampar Harapkan Kelanjutan Pembangunan Infrastruktur Melalui Dana APBN
Puluhan Miliar APBD Riau TA 2021 Yang Di Alokasikan Di SMKN Riau, Di Pertanyakan
LSM: Rahmat Setiyawan Diduga Bohongi Publik Terkait Proses Pengadaan Sapi
SF Hariyanto Sekda Prov Riau Ikuti Workshop Anti Korupsi Secara Virtual
LSM Desak Wako Pekanbaru Berikan Sanksi Kepada Oknum Pegawai Dinas Yang Bersangkutan
Lima Puluan Masyarakat Sungai Linau Kembali Datangi Lokasi Penanaman Sawit
Kadis: Jumlah Sapi Yang Terbeli 2023 Ekor Tapi Masih Proses Pemilihan Di Pokja
Tidak Mau Hutan Mereka Dirusak, Masyarakat Sungai Linau Protes Perambahan Hutan
Kunker Perdana H.Zukri Bupati Pelalawan Ke Kuala Kampar Kab. Pelalawan
Bupati Zukri Tegaskan: Pemkab Pelalawan Tidak Anti Kritik
AP Alias Renjer Oknum Kades Juga Mantan Anggota Polri Diduga Aniaya RB Hingga Parah
Audensi LSM LIRA Riau Di Terima Langsung Kapolresta Pekanbaru Kombes POL Pria Budi
Bupati Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Padang Pariaman
Keluarga Para Pelaku Berjanji Akan Segara Menyelesaikan Se Cara Kekeluargaan
Bupati Pimpin Rapat Koordinasi Dan Sinkronisasi Forkopimda Bersama Perusahaan Dan Pelaku Dunia Usaha
LSM Segera Usut Pembiayaan Dan Legal Litas Nama-Nama Keamanan RSUD Bangkinang
Gubernur Riau H Syamsuar Resmi Lantik SF Hariyanto Sebagai Sekda Prov Riau
Inderagiri Hilir
Pesan Bupati, Pelajarin Perundang-undang Tentang Desa
Bupati HM.Wardan Lantik 7 Pejabat Kepala Desa Dari Tiga Kecamatan

Jumat, 26/10/2018 - 18:32:52 WIB
Pelantikan 7 Penjabat Kepala Desa dari 3 Kecamatan dipusatkan di Desa Danau Pulai Indah Kecamatan Kempas, Kamis (26/10/2018)***
 
TANBILAHAN - Pelantikan 7 Penjabat Kepala Desa dari 3 Kecamatan dipusatkan di Desa Danau Pulai Indah Kecamatan Kempas, Kamis (26/10/2018) Siang.
 
Adapun Penjabat Kepala Desa yang dilantik lansung Bupati HM. Wardan adalah Desa Danau Pulai Indah,  Sungai Rabit, Kertajaya dan Kulim Jaya Kec. Kempas. Penjabat Kepala Desa Bagan Jaya dan Jaya Bhakti Kec. Enok dan Penjabat Kepala Desa Tunas Jaya Kecamatan Tempuling. 


Pelantikan Penjabat Kepala Desa ini turut dihadiri, anggota dan Ketua Komisi 1 DPRD Inhil,  Ketua TP PKK Hj. Zulaikhah Wardan, Ketua BAZNAS Provinsi Riau dan Ketua BAZNAS Inhil, Camat dari tiga Kecamatan serta tokoh masyarakat. 

 
Pelantikan Penjabat Kepala Desa diawali dengan pelantikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Kempas oleh Ketua BAZNAS Provinsi Riau H. Yurnal Edwar,  SE. M. Si, AK. CA.

 
Sambutan Bupati HM.Wardan usai melantik 7 penjabat Kepala Desa  mengatakan,  Baru saja kita menyaksikan pelantikan penjabat kepala desa danau pulai indah, sungai rabit, kerta jaya dan kulim jaya kecamatan kempas, pelantikan penjabat  kepala  desa bagan jaya dan jaya bhakti kecamatan enok serta penjabat kepala desa karya tunas jaya kecamatan tempuling, ini merupakan implementasi dan amanah undang-undang nomor 6 tahun 2014 dan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Dalam peraturan pemerintah tersebut dikatakan penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala desa ini untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa, baik karena habis masa jabatannya maupun karena berhentinya kepala desa yang bersangkutan karena mengundurkan diri atau sebab-sebab lain yang menurut undang-undang harus diganti.

 
Pelantikan penjabat kepala desa yang dilaksanakan pada hari ini sebanyak  7 (tujuh) kepala desa, yang terdiri dari 4 (empat) kepala desa karena habis masa jabatan kepala desa yang bersangkutan, sedangkan  3 (tiga) desa lagi dikarenakan kepala desa mengundurkan diri untuk ikut calon dalam pemilu legislatif 2019.
 
Perbedaan antara piklades serentak dengan pilkades antar waktu ini adalah sebagai berikut :


1.    Pilkades serentak dilaksanakan setelah masa jabatan kepala desa yang berasangkutan berakhir, sedangkan pilkades antar waktu dilaksanakan bilamana sisa jabatan kepala desa yang diberhentikan lebih dari 1 tahun.
 
2.    Pilkades serentak menggunakan anggaran dari apbd kabupaten, sedangkan pilkades antar waktu menggunakan anggaran yang bersumber dari apbdes (desa) yang bersangkutan.


3.    Pemilih pilkades serentak adalah seluruh penduduk desa yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah yang dibuktikan dengan ktp-el atau surat keterangan tentang kependudukan yang diakui keabsahannya, sedangkan pemilih pilkades antar waktu merupakan peserta musdes yang ditetapkan dengan keputusan bpd yang bersangkutan, setelah terlebih dahulu dimusyawarahkan oleh pemerintah desa dan bpd untuk menentukan orang yang akan ditetapkan sebagai peserta musdes sesuai ketentuan yang berlaku.
 
4.    Masa jabatan penjabat kepala desa untuk pilkades serentak adalah sampai dengan dilantiknya kepala desa definitif (terpilih hasil pilkades), sedangkan masa jabatan penjabat kepala desa untuk pilkades antar waktu adalah sampai dengan dilantiknya kepala desa terpilih melalui musdes.
 
Terakhir, Bupati HM. Wardan berpesan  kepada penjabat kepala desa yang baru dilantik untuk mempelajari aturan perundan-undangan tentang desa karena hari ini begitu banyak anggaran yang masuk ke desa luar biasa.  

 
Usai menyampaikan sambutan Bupati HM. Wardan juga menyerahkan penghargaan kepada 7 orang kepala Desa yang lama dan dilanjutkan pelantikan beliau juga menyerahkan zakat pola konsuntif berupa program bedah rumah. 

 
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemda Kabupaten Inhil dengan BAZNAS Inhil dalam pelaksanaan kegiatan dbidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Inhil oleh Bupati HM. Wardan dengan Ketua BAZNAS Inhil Yunus Hasbi.(Adv)***
Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved