Mensos RI Apresiasi Pemkab Rohil Tangani Covid 19

Bupati Rohil: Pangkas Perjalanan Dinas Tunda Kegiatan Sosialisasi

Bupati Rohil: Pangkas Perjalanan Dinas Tunda Kegiatan Sosialisasi***
ROKAN HILIR, (Mediatransnews) - Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batu Bara mengapresiasi langkah  dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam hal penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Hal tersebut disampaikannya melalui sambungan video telekonference dengan Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno. Hadir saat itu ketua DPRD Rohil Maston, wakil bupati Rokan Hilir Drs H.Jamiludin dan dirinya. Demikian dijelaskan oleh Plt. Kadis Kominfotiks Rohil, Hermanto Uban kepada journalis indonesiasatu.co.id usai mendampingi Bupati Rokan Hilir H. Suyatno temu wicara melalui video telekonference  bersama Menteri Sosial RI yang dilaksanakan di Mess Pemda Gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi Rabu sore (01/04/2020).

Selanjutnya Hermanto yang didampingi juru bicara Gugus Tugas Covid 19 Rokan Hilir Asnul Yamin, SE menyampaikan bahwa Bupati Rokan Hilir H. Suyatno tidak menunggu lama pada pembicaraan jarak jauh tersebut, pasalnya bupati Rohil mendapatkan prioritas diurutan ke 5 dari 155 Kepala Daerah, baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota yang melaksanakan Video telekonference dengan Menteri Sosial RI,Juliari P. Batu Bara.

Pada temu bicara jarak jauh tersebut, lanjut Hermanto, bupati Rokan Hilir menginformasikan perkembangan data ODP dan PDP Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Rokan Hilir pada lima hari terakhir ( 28/03 hingga 01/04, Red) .

"Bapak Bupati H. Suyatno juga melaporkan terkait langkah-langkah yang telah diambilnya bersama jajaran forkopinda Kabupaten Rokan Hilir dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai meluasnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19),"ucapnya.

Bupati H. Suyatno juga memaparkan kebijakannya dalam menanggulangi dampak sosial yang ditimbulkan dari upaya mencegah dan memutus mata rantai Penyebaran Corona Virus Covid 19. Bupati mengungkapkan kebijakannya dengan melaksanakan pergeseran dan pemangkasan beberapa anggaran kegiatan Pemerintahan Daerah yang telah tertuang pada APBD Kabupaten Rokan Hilir 2020.

"Terutama anggaran biaya perjalanan dinas dan menunda kegiatan seremonial yang mengumpulkan orang banyak, seperti sosialisasi, pelatihan dan lain-lain,"jelasnya Uban panggilan akrab awak media kepada Plt. Kadis Kominfotiks Rokan Hilir Hermanto Uban ini.

Tambah Ia, bupati Rokan Hilir juga menggerakkan segenap potensi yang ada di wilayahnya, termasuk  berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hilir.

Lanjut Hermanto, terkait dengan penyaluran dana bantuan program keluarga harapan (PKH), Bupati H. Suyatno melaporkan selama masa pendemi Corona Virus Covid 19 akan mempercepat ritme penyaluran dana PKH menjadi sebulan sekali sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sosial RI.

Dikesempatan itu, Menteri Sosial RI Juliari P. Batu Bara menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kebijakan dan langkah-langkah yang telah ditempuh Bupati Rokan Hilir.

"Mensos RI seraya mengajak jajaran forkopinda Rokan Hilir untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara serta masyarakat yang dipimpinnya,"tandas Uban mengakhiri.***
TERKAIT