Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 26 Februari 2021
INDEX BERITA

Satreskrim Polres Kampar Kembali Gelar Program Jumat Barokah
Kapolsek Tapung Bagikan Masker Kepada Warga Di Pasar Muara Mahat Baru
Ratusan Media Mendapat Sertifikat Dari Dubes Maroko, Salah Satunya Beritatime.com
3 Orang Pelaku Di Tangkap Saat Mau Menggunakan Narkotika Jenis Sabu
BEM SE RIAU Berjuang Memperjuangkan Ketiga Mahasiswa Yang Di D.O Rektor
Pencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi WBK Dan WBBM
Mediasi Terkait Penganiayaan AZ Secara Kekerasan Hingga Tewas
Aniaya Istri Sendiri, AZ Diamankan Polsek Tapung
Kapolres Kampar Pimpin Upacara Sertijab Kabag Sumda Polres Kampar
SN Minta Dugaan Penganiayaan Anaknya Diproses Secara Hukum Sampai Ke Pengadilan
Kapolresta Pekanbaru Resmikan PPKM Dan Posko Covid 19 Polsek Tenayan Raya
Polsek Siak Hulu-Kampar Kembali Mengungkap Peredaran Narkoba
Catur Sugeng S, SH, Buka Musrenbang Perdana Di Kecamatan Tapung
Tim Ojoloyo Resnarkoba Polres Kampar Tangkap 2 Tersangka Narkoba
Penguasaan Lahan Di Desa Sungai Sialang, Masyarakat Minta Segera Dihentikan
Drs.Sozifao Hia,MSi, Sangat Apresiasi Kinerja Kapolres Pelalawan
Polsek Siak Hulu Gandeng Aparatur Desa Kubang Jaya Dan Serikat Pekerja Bagikan Masker
Oknum PNS Nias Barat Resmi Di Tahan Kejaksaan Negri Gunungsitoli
Afrizal Sintong Dan H Sulaiman Resmi Di Tetapkan Sebagai Bupati Dan Wkl Bupati Rohil
Bupati Kampar Resmikan PAUD Dan Masjid Atthayyibah Perumahan YLZ
NZ Yang Kehilangan Anggota Tubuhnya, Akibat Mesin Cetak Batu Bata
Sengketa Pemberitaan Sejumlah Media, Kuasa Hukum SZH Surati Dewan Pers
Di Penghujung Purna Tugasnya HM. Harris Hadiri Musrenbang Di Kec. Kuala Kampar
Masyarakat Pelalawan Khususnya Dapil V, Sangat Apresiasi Perjuangan Drs. Sozifao Hia
Masyarakat Desa Mado Laoli, Sangat Apresiasi Dengan Adanya Pembangunan MCK
Pemprov. Riau
Hadapi Dampak Covid -19
Gubernur Riau Bantu Para Pendeta Riau Asal Nias

Senin, 04/05/2020 - 16:01:05 WIB
Gubernur Riau Drs. Syamsuar saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada salah satu Pendeta***
 
PEKANBARU, (Mediatransnews.com) - Dampak Pandemi Corona (Covid-19) yang berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali para Pendeta yang keseharian mereka bertujuan untuk pembinaan kerohanian/spiritual umat. Dengan turunnya surat edaran dari Gubernur Riau Nomor: 80/SE/2020 tentang upaya aktif untuk mengantisipasi penyebaran dan perkembangan Covid 19, maka masing-masing para pendeta meniadakan ibadah dan aktivitas gerejawi secara berjamaah, dan mengalihkan di rumah masing-masing warga jemaat. 

Ada juga beberapa gereja yang melaksanakan ibadah secara online. Begitu juga dengan rapat gerejawi dilaksanakan menggunakan aplikasi media sosial. Semuanya itu bertujuan untuk menghindari pertemuan yang melibatkan orang banyak. 

Situasi demikian akhirnya berdampak pada pendapatan Gereja yang semakin hari semakin menurun. Bahkan Gereja mulai kesulitan untuk mencukupi biaya operasional termasuk gaji Pendeta.

Pada pertemuan perwakilan Forum Pendeta Ono Niha (Orang Nias) yang ada Riau dengan bapak AKBP Peniel Zalukhu (30/04/2020), ketua Forum Pdt. Masieli Zendrato, S.Th menyampaikan "Keadaan para pendeta saat ini memang benar-benar sulit. Apalagi ketika Corona (Covid-19) ini terus berlanjut, maka bisa dipastikan para pendeta akan semakin kesulitan" Untuk menyikapi hal tersebut. Ketua Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) AKBP Peniel Zalukhu, SH bersama Forum Pendeta Ono Niha (Oarang Nias) Riau melaporkan kondisi para pendeta Ono Niha di Riau yang terdampak Corona (Covid-19) kepada Gubernur Riau Bapak Drs. H. Syamsuar, M.Si. Oleh Ketua Umum Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) Bapak AKBP Peniel Zalukhu mengatakan : "Situasi yang dihadapi para pendeta saat ini benar-benar sulit akibat dampak dari covid-19. Kebaktian di gereja secara berjamaah sudah ditiadakan, dan dialihkan pada kebaktian di rumah warga.

"Setelah menerima laporan tersebut, Gubernur Riau Bapak Drs. H. Syamsuar M.Si menyampaikan kepada Ketua Umum Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) AKBP Peniel Zalukhu agar Pendeta Ono Niha terus bersinergi di dalam menghadapi dampak Covid-19 ini. 

Lebih lanjut, pada hari Minggu (03/05/2020) Gubernur Riau Bapak Drs. H. Syamsuar, M.Si memberi bantuan dalam bentuk paket kebutuhan pokok kepada Pendeta Ono Niha yang ada di Riau melalui Perwakilan Forum Pdt. Masieli Zendrato dan Pdt. Oktoriman Zega, S.Th, bersama dengan Ketua Umum IKNR AKBP Peniel Zalukhu, SH didampingi oleh Ali Gulö (Humas IKNR). Seterusnya Paket Kebutuhan Pokok tersebut diperuntukkan bagi Pendeta Ono Niha yang melayani di Provinsi Riau.

Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si berpesan agar para pendeta bersinergi dengan pemerintah untuk menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat. Lebih lanjut Gubernur Riau menyampaikan bahwa kita mungkin susah saat ini, namun, setelah Covid-19 ini berlalu, keadaan akan pulih kembali. Kita menyiapkan program yang selalu berpihak kepada masyarakat banyak. 

Ketua Forum Pendeta Ono Niha Pdt. Masieli Zendrato, S.Th menyatakan bahwa Pendeta Ono Niha tetap bersinergi dengan Pemerintah dan stakeholder lainnya di dalam memelihara dan menciptakan suasa kondusif di daerah pelayanan masing-masing. Menurut Pdt. Masieli Zendrato, S.Th hal yang terpenting dari situasi saat ini adalah bukan bantuan yang diterima dari pemerintah, tetapi sinergitas pemerintah dengan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya di dalam menghadapi dampak Pandemi Corona (Covid-19). 

Lanjut Masieli Zendrato, S.Th mengatakan “kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur atas perhatian dan kepedulian kepada kami Pendeta Ono Niha (Orang Nias) yang ada di Riau. Juga kepada Ketum IKNR Bapak Peniel Zalukhu yang telah mefasilitasi kami kepada Pak Gubri. Apa lagi saat kondisi saat ini kebutuhan para Pdt yang serba kekurangan selama ini,  dan di tambah menghadapi dampak Covid – 19 ini. Kita yakin Pandemi ini cepat berlalu. Ucap Masieli mewakili para pendeta. (Rls)***




Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved