Peranan Pers Di Saat Pondemi Covid

Menkes RI: Pers Pahlawan Bangsa Ditengah Pandemi

Menkes dokter Terawan Agus Putranto, saat menerima kunjungan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Pusat)***
JAKARTA, (Mediatransnews) -  Menteri Kesehatan Republik Indonesia dokter Terawan Agus Putranto, yang juga adalah Wakil Ketua Pengarah Percepatan Penanganan Covid-19, mengatakan bahwa Pers adalah pahlawan, dimana peran pers sangat penting dalam melayani masyarakat melalui pemberitaan yang baik dan benar ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Bahwa peran pers atau media sangat penting, sehingga media adalah pahlawan bangsa ditengah pandemi Covid-19. Disaat bangsa membutuhkan pikiran dan tenaga mereka untuk mengatasi penyebaran Covid-19,” ujar Terawan.

Hal tersebut dikatakan Menkes dokter Terawan Agus Putranto, saat menerima kunjungan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Pusat) yang dipimpin oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, yang didampingi oleh Sekjen PWI Pusat Mirza Sulhadi, Selain itu ikut juga Ketua Panitia Pelaksana HPN 2021 Auri Jaya, Ketua Mappilu PWI Suprapto Sastro Atmojo, Wakil Bendahara Umum PWI Pusat Dar Edi Yoga dan Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho.

Lanjut Dokter Terawan, Wartawan sangat dibutuhkan untuk menangkal hoaks dan berita menyesatkan, hal yang sangat membantu masyarakat, dan tentunya sangat dibutuhkan pemerintah.

Salah satu contoh, keberhasilan pemerintah di negara lain dalam menekan laju pandemi dipengaruhi oleh para pelaku jurnalistik yang selalu memberitakan positif perkembangan Covid-19.

“Pers punya peran yang signifikan dalam menghambat laju penyebaran Covid-19, tentu dengan memberikan kabar yang benar tentang pandemi, kita ambil contoh keberhasilan beberapa negara lain, berkat pers yang membela negaranya lewat pemberitaan yang benar, pandemi bisa dilawan, bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh,” jelas Menkes Terawan.

Dalam pertemuan tersebut, Terawan juga mengatakan akan hadir dalam diskusi Mappilu PWI Pusat yang dilaksanakan jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Ucap nya.

Sementara itu Ketua PWI Pusat Atal S Depari yang mewakili PWI mengatakan wartawan anggota PWI siap membantu pemerintah untuk menangani penyebaran Covid-19.

Sebelumnya Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan sebanyak 5.800 wartawan diseluruh Indonesia akan ikut dilibatkan dalam upaya perang melawan Covid-19. Para wartawan akan bertugas dalam penyampaian pesan positif dan faktual terkait perubahan prilaku. Cakap nya. (T2)***
TERKAIT