Misa Natal Dan Penerapan Protokol Kesehatan

Kapolda dan Forkopimda Riau Tinjau Prokes Gereja Di Kota Pekanbaru

Kapolda dan Forkopimda Riau Saat Tinjau Prokes Gereja Di Kota Pekanbaru***
PEKANBARU, (Mediatransnews) - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama rombongan Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru dan dampingi Kapolresta Kota Pekanbaru Kombel Pol H.Nandan Mumin Wijaya, dalam meninjau persiapan ibadah Misa Natal dan Penerapan Protokol Kesehatan tiga Gereja Besar di Kota Pekanbaru, Kamis sore (24/12/2020).

Rombongan terdiri dari Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han, Ketua DPRD Propinsi Riau Yulisman S.Si, Kejati Riau Mia Amiati SH yang diwakili Kasi Penkum dan Humas, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Miningka Forkompinda Riau, dan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Ketiga gereja yang ditinjau Kapolda Riau bersama rombongan Forkopimda Riau dan Kapolresta Pekanbaru bersama Forkopimda Pekanbaru itu, diantaranya Gereja Immanuel di Jalan Sumatera, Gereja HKBP Jalan Hangtuah dan Gereja Santo Paulus Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru.

"Perayaan Natal dan tahun baru kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena saat ini protokol kesehatan yang utama," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung SIE didampingi Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya., S.I.K., M.H, kepada waratwan di sela peninjauan.

Dalam penijauan itu, Kapolda Riau juga mengatakan dalam pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru ini, Tim gabungan TNI Polri serta Instansi terkait berjumlah 1200 Personil siap mengamankan gereja khususnya pada Misa Natal dan Tahun Baru 2021. "Tim ini tergabung dalam Operasi Lilin Lancang Kuning," ungkap Irjen Pol Agung SIE kepada awak media.

Perwira Tinggi Bintang Dua ini juga menegaskan, pihaknya bersama TNI dan Pemerintah daerah, tidak ingin momen Natal dan Tahun Baru ini, nantinya akan berdampak memunculkan klaster baru COVID-19.

"Untuk pelaksanaan ibadahnya, nanti akan kita pantau dan amankan. Begitu juga untuk pos Operasi Lilin Lancang Kuning sudah kita cek di Lapangan, telah sesuai dengan pola keamanan dan telah mentaati Prokes sebagimana yang telah ditentukan," ujar Kapolda Riau.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dalam peninjauan tersebut juga mengatakan, Forkompinda Riau, telah mengadakan komunikasi dengan pihak Gereja yang akan mengadakan Misa Natal, dengan tujuan agar pelaksanaan Misa Natal dan Tahun Baru berjalan aman dan lancar dan menerapkan protokol kesehatan. Kata Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nausution kepada wartawan di sela dalam peninjauan gereja di lokasi.

Lanjut  Wagubri, seperti di Gereja Immanuel jemaat yang akan mengikuti Misa Natal tidak sampai 10 jemaat, itu pun dari luar kota. Selebihnya mengikuti Misa Natal melalui Daring.

"Untuk Geraja HKBP dan Santo Paulus, pihak Gereja telah melaporkan kepada kita telah membatasi jemaatnya untuk perayaan Misa Natal malam ini," ujar Wagubri.

Wagubri Edi Natar Nasution juga berharap Perayaan Natal dan Tahun Baru ini berjalan lancar dan aman, serta tidak menimbulkan klaster baru penyebaran virus Covid-19.***


TERKAIT