Sesuai Dengan UU No. 23 Tahun 2014

Pemerintah Kabupaten Asahan Tandatangani MOU Dengan Universitas Asahan

Pemerintah Kabupaten Asahan Saat Tandatangani MOU Dengan Universitas  Asahan***
ASAHAN, (Mediatransnews) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan  resmi melakukan Nota Kesepakatan (MoU)  dengan Universitas Asahan,  dalam Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan langsung Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Rektor Universitas Asahan (UNA) Prof. DR. Tri Harsono , MSi, turut hadir dalam acara yang dilaksanakan  di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (29/12/2020), antara lain Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. Mapilindo, MPd dan  unsur pengurus, para Asisten Setdakab Asahan, OPD, Para Camat.
 
Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengatakan, bahwa sesuai dengan UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menjelaskan  setiap Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk melakukan Kerjasama  dengan pihak lain termasuk Perguruan Tinggi dengan cara yang efektif dan efisien demi meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.
 
"Kami menyambut baik nota kesepakatan dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, penyelenggaraan pemerintahan yang baik, kajian, riset  dan pengabdian pada masyarakat, ini juga untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Asahan  sebagai upaya mewujudkan visi pak Presiden yakni SDM unggul Indonesia Maju,” ungkapnya.
 
Kerjasama yang ditandatangani pada hari ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu membangun Masyarakat Asahan yang cerdas.
 
 "Namun kami akui masih ada beberapa aspek pembangunan yang masih perlu untuk ditingkatkan, dalam upaya kami mewujudkan visi kabupaten Asahan  yakni mewujudkan Asahan  Cerdas, salah satu untuk mewujudkannya adalah melalui kerjasama dengan pihak universitas Asahan yang kita laksanakan pada saat ini,” akunya.
 
Untuk itu, setelah ditandatanganinya nota kesepakatan bersama ini, pada kesempatan ini juga akan dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya di Kabupaten Asahan antara lain Dinas PUPR, Perkim, Kominfo, Pertanian, Perikanan, Ketapang, Koperasi Perindustrian Perdagangan dan PP, Pemdes, BKD, Disporapar dan Badan Pusat Statistik,  Ia berharap, nota kesepakatan bersama yang telah ditanda tangani dan akan ditindak lanjuti kerjasama dapat menjadi triger dan pilot project yang outputnya diharapkan memiliki daya ungkit dan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan positif pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan.
 
“Kami berharap dukungan dari Rektor Universitas Asahan  beserta jajaran, baik berupa pemikiran maupun melalui kajian-kajian akademis serta kegiatan pendampingan lainnya dalam upaya kami mewujudkan cita-cita besar, mewujudkan kabupaten Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri, pungkasnya.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Asahan Tri Harsono mengatakan UNA sangat menyambut baik dilakukannya penandatangan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Universitas Asahan yang dilaksanakan pada hari ini, diharapkan dengan kerjasama ini antara Pemkab Asahan dengan UNA dapat  bersinergi dalam meningkatkan kinerja kelembagaan diawali melalui peningkatan kualitas SDM pemda demi mewujudkan Visi Misi Kabupaten yang kita cintai ini.
 
Pada Kesempatan yang sama  Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. Mapilindo, MPd  dalam sambutannya menyampaikan harpannya agar keberadaan Universitas Asahan ini  harus benar benar memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan dan sekitarnya.
 
Mari kita manfaatkan UNA ini sebagai tempat untuk menimba Ilmu S1 Maupun S2 karena UNA sekarang sudah bisa disejajarkan dengan beberapa Universitas di Sumatera Utara.
 
“ Universitas Asahan juga sudah menyiapkan Planning 2 Sampai 3 Tahun Kedepan Universitas ini sudah harus memiliki Tenaga Pengajar pada tingkat Doktoral paling sedikit 30 orang atau bahkan lebih" ucapnya.

Mengakhiri Sambutannya  Mapilindo juga menyampaikan harapannya  dalam mewujudkan UNA menjadi Universitas Negeri agar  Pemkab Asahan dibawah kepemimpinan H. Surya dapat menyiapkan lahan yang lebih luas untuk Universitas Asahan karena hal ini merupakan salah satu syarat untuk menjadikan Universitas Asahan menjadi Universitas Negeri disamping syarat syarat lain. (Daulay)***
 
TERKAIT