Tingkatkan Soliditas Dan Sinergitas Mewujudkan Penegakan Hukum Berkeadilan

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Kunjungi Jaksa Agung ST. Burhanuddin

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Saat Kunjungi Jaksa Agung ST. Burhanuddin***
JAKARTA, (Mediatransnews) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beserta rombongan mengunjungi Jaksa Agung Burhanuddin didampingi Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi para Jaksa Agung Muda, beserta Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Rabu, (3/2/2021).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan maksud dan tujuan utama kunjungan atau silaturahmi adalah dalam rangka meningkatkan soliditas dan sinergitas pelaksanaan tugas dan wewenang penegakkan hukum, baik Kepolisian RI maupun Kejaksaan RI, khususnya dalam hal penanganan perkara tindak pidana yang ditangani oleh Kepolisian RI yang muaranya akan disampaikan ke Jaksa Penuntut Umum. Jaksa Agung memberikan support kedepan tidak ada lagi bolak balik perkara tindak pidana karena berkas perkara belum lengkap atau P.18, dan P.19. cukup sekali dengan harapan penegakan hukum oleh Kepolisian RI dan Kejaksaan RI dapat segera mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan.

Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menerima kunjungan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di ruang kerja Jaksa Agung di Gedung Menara Kartika Adhyaksa, Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Listyo Sigit menyampaikan maksud dan tujuan utama kunjungan atau silaturahmi adalah dalam rangka meningkatkan soliditas dan sinergitas pelaksanaan tugas dan wewenang penegakkan hukum, baik Kepolisian RI maupun Kejaksaan RI, khususnya dalam hal penanganan perkara tindak pidana yang ditangani oleh Kepolisian RI yang muaranya akan disampaikan ke Jaksa Penuntut Umum.

“Dengan harapan Kepolisian RI dan Kejaksaan RI dapat segera mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan,” ujar Kapolri kerap akrab disapa Sigit ini.

Sigit juga mengharapkan dukungan Jaksa Agung terhadap langkah digitalisasi yang akan dilaksanakan dalam prioritas program Kapolri yang baru.

“Berharap ke depan kerjasama Polri dan Kejaksaan di bidang pendidikan dan pelatihan berupa pelatihan terpadu antara Polisi dan Jaksa dapat ditingkatkan.

Sementara itu, Burhanuddin mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan silaturahmi Kapolri dan rombongan, walaupun selama ini Kapolri yang sebelumnya sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sudah sering berkunjung ke Kejaksaan RI untuk berkoordinasi mengenai penanganan perkara.

“Listyo Sigit sebenarnya sudah sering mengunjungi Gedung Kejaksaan Agung. Namun kali ini, berbeda kunjungannya, hari ini suatu kebahagiaan bagi saya, beliau datang kesini dalam kapasitas sebagai Kapolri,” kata Burhanuddin.

Dia mengaku, kunjungan Kapolri silaturahmi kesini, akan menjadi modal untuk bisa meningkatkan kerja sama lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun penegakan hukum, meskipun hal itu sudah berjalan lama.

“Tentunya, modal kami silaturahmi ini adalah modal untuk bisa bekerja sama lebih baik lagi dari yang sudah-sudah. Ini sudah kami lakukan sejak beliau sebelum jadi Kapolri. Hari ini adalah tonggak sinergitas kami agar lebih tingkatkan lagi. Itu makna kehadiran beliau hari ini,” tandas Jaksa Agung.

Burhanuddin berharap semoga kerja sama dan koordinasi antara sesama aparat penegakan hukum (APH) dapat lebih ditingkatkan, khususnya dalam penanganan perkara tindak pidana baik di Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum maupun Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus.

“Suatu penyidikan yang bagus akan menghasilkan penuntutan yang bagus. Di bidang Intelijen dapat ditingkatkan kerja sama dalam bidang ketertiban dan ketentraman umum melalui kerjasama tukar menukar informasi,” pungkasnya.

Hadir dalam rombongan Kapolri antara lain Kepala Divisi Hubungan Massyarakat Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si., Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Irjen Pol. Ferdy Sambo, S.H., S.I.K., M.H., Kepala Divisi Hukum Polri, Irjen Pol Drs. Fiandar, Wakil Kepala Badan Reserse Krimininal Polri, Irjen Pol. Wahyu Hadiningrat, S.I.K., M.H. dan Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse Krimininal Polri, Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H. (Rls/Mtn)***
TERKAIT