Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 28 Januari 2023
INDEX BERITA

Siswanto: Mari Bangun Roda Organisasi LBLK Kab. Bengkalis
Sofyan Wakil Ketua II DPRD Bengkalis Sambangi Jajanan Kuliner Sri Pulau
Polres Bengkalis Kembali Mengungkap Kasus Narkotika Jenis Sabu
Bupati Rohil: Sekda Merupakan Bapaknya ASN
Terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, DPRD Lakukan Rapat Kerja
Bupati Kasmarni Hibahkan Tanah Kepada Bakamla
Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso Memberikan Selamat Kepada PPS Yang Baru Dilantik.
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Resmi Kukuhkan DPC PMNBI Kab.Pelalwan
Wabup Bagus: Olahraga Ajarkan Kedisiplinan Dan Gotong Royong
PMNBI Segera Laksanakan Perayaan Natal 2022 Dan Syukuran Tahun Baru 2023
Pansus Ranperda Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Bengkalis
Sani: Memprioritaskan Anak-Anak Dini Wajib Belajar
Kadis Kominfo Pemkab Kampar Sampaikan Himbauan Pj. Bupati Kampar
Schedule Rencana Kerja Pansus PT. BSP Mulai Disusun
Kepala Desa Buka Pertanding Sampan Layar Jilid 3 Ketam Putih
Muflihun Targetkan Pekan Ketiga Januari Layanan Doctor On Call Diresmikan
Pimpinan Beserta Anggota DPRD Kab Bengkalis Hadiri Rapat Kordinasi
Bupati Bengkalis Kasmarni Serahkan DPA Ke SKPD
Bupati Bengkalis Apresiasi Kinerja Kejari
Kades Meskom Terima Kunjungan Al Ustadz Kembar Alwi dan Aldi Dari Jakarta
Bupati Dan Wabup Rohil Hadiri Pelantikan Anggota PPK Pemilu Tahun 2024
Open Turnamen Bupati 2022, Ditutup Langsung Bupati Rohil
Pisah Sambut Lembaga Pemasyarakatan Kelas ll A Bengkalis
Anggota DPRD Kab. Bengkalis Fraksi PDI Perjuangan Lakukan Bimtek
Gubri: Kadis PUPR Riau Harus Terbuka Terkait Proyek Ke Publik
Pemprov. Riau
LSM: Segera Telusuri Dana Anggaran Di Disdik Riau
Masa Pendemi Covid 19, Dana Anggaran Makan Dan Minum Siswa Capai Puluhan Miliar

Sabtu, 13/11/2021 - 13:51:53 WIB
Ir. Tomy FS, SH, Kadis Pendidikan Prov Riau dan Foto Siswa Net ***
 
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, (Mediatransnews) -  Pemberitaan media ini sebelumnya, terkait alokasikan dana anggaran APBD riau Tahun 2021 yang di alokasikan di dinas pendidikan prov riau, yang salah satunya dana anggaran makan dan minum siswa juga dana lainnya. Diantaranya Belanja Makan dan Minum Siswa SMAN Olahraga
Rp. 3.363.885.000,00, dengan rekanan CV. Atiga Subur Jaya. Belanja Makan Minum Siswa Bulan Februari s.d Desember SMAN Plus Provinsi Riau Rp. 4.568.194.000.00, dengan rekanan CV. RESTA CATERING.  Belanja Makan dan Minum Siswa SMK Pertanian, bulan Februari s.d Desember 2021 Rp. 5.636.250.000.00, dengan rekanan CV. Bunda R & I. Dan Pulahan Peket lainnya yang di peruntukan di disdik prov riau TA 2021.


Yang mana fungsi media sebagai salah satu kontrol sosial yang telah di amanatkan oleh UU, yakni. UU Pers No. 40 Tahun 1999, Tentang Pers dan Undang - Undang No.14 Tahun 2008, Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Adapun konfirmasi wartawan terkait beberapaa paket kegiatan di dinas yang bersangkutan, salah satunya dana anggaran makan dan minum siswa juga jasa lainnya, yang mana kita ketahui di alokasikan anggaran dari APBD riau Tahun 2021 di dinas tersebut. tidak tanggung-tanggung mencapai puluhan miliar.

Anggaran makan dan minum siswa juga jasa lainnya, yang sangat fantastis menelan uang negara melalui APBD prov Riau, sementara dua tahun masa pendemi, anak sekolah di liburkan total oleh pemerintah. Ironisnya untuk biaya makan dan minum siswa tetap di jalankan anggaran tersebut.

Namun walau beberapa pihak mengingatkan kepada dinas yang bersangkutan baik melalui surat konfirmasi dan pemberitaan media, tapi hingga sampai saat ini belum ada respon atau tanggapan dari dinas terkait.

Penelusuran media di beberapa sekolah yang berdomisili di kota pekanbaru baru-baru ini, yang mana beberapa orang tua murid dan siswa yang di temui media yang namanya tidak mau di publiksikan. Menyampaikan kepada media, bahwa terkait dana biaya anggaran makan dan minum dari anggaran pemerintah yang di peruntuhkan untuk siswa, kami tidak pernah tau masalah dana anggaran itu, bahkan kami sebagai murid atau siswa sering membawa bekalan dari rumah, seperti makanan dan minum dan apa lagi di saat pendemi ini, kami bisa di hitung di jari berapa kali kami aktif kesekolah. Tutur sumber. Kamis, 11/11/21. di salah satu tempat rumah kediaman siswa yang bersangkutan.

Di hari yang sama tempat yang berbeda, media ini menemui salah satu wali murid yang anaknya bersekolah di salah satu sekolah menengah atas negeri di kota pekanbaru. Hal yang sama menuturkan kepada media, bahwa tidak pernah mendengar dari sekolah atau dari anak mereka (siswa), bahwa adanya makan dan minum untuk siswa, anak kami selalu bawa makan dan minum dari rumah bahkan kami sering juga kasih uang jajan anak kami. Tutur wali murid yang juga tidak mau di publikasikan namanya, takut nantinya berdampak pada anaknya. Ucapnya.

Ir Tommy Freddy Manungkalit SKom SH, dari LSM GERHANA penggiat anti korupsi. Kembali angkat bicara, terkait dana anggaran APBD riau yang di alokasikan di dinas pendidikan provinsi riau, khususnya dana anggaran dalam dua tahun terakhir di dinas pendidikan tersebut, yang mana di masa pendemi keaktifan anak sekolah atau siswa sangat di batasi, apa lagi terkait dana anggaran makan dan minum siswa. Secara logika, bagaimana menyedot anggaran makan dan minum sementara siswa libur total.

Dan Hal ini pernah kita ingatkan kepada gubernur riau, melalui pemberitaan media. Agar mengevaluasi pejabat di dinas pendidikan provinsi riau dan jajarannya.

Lanjut Tomy, persoalan dana anggaran yang di alokasikan di dinas pendidikan Prov riau. Kita dari LSM Gerhana Sebagai Penggiat Anti Korupsi, selalu memantau dan menelusuri tata cara pelaksanaan di lapangan hingga sampai akhir tahun pelaksanaan. Dan apa bila ada indakasi pelanggaran dan mengarah kepada kerugian negara. Maka kita dari LSM GERHANA segera melaporkan kepada instansi terkait terlebih kepada penegak hukum. Tegas Tomy melalui media ini, di salah satu tempat di jalan hanggtuah pekanbaru. Kamis, 11/11/21. (Red) ***

Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved