Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 04 Juli 2022
INDEX BERITA

Muflihun Pj Wali Kota Pekanbaru Resmikan Cabang Pusat Oleh-Oleh Khadijah
Muflihun Pj Walikota Pekanbaru Ikuti Rakerwil I APEKSI Di Medan
Riau Menjadi Tuan Rumah Rakor Gubernur Se Sumatra, Akan Di Hadiri 3 Menteri
Sekda Pemprov Riau, Buka Sekaligus Pimpin Rapat Entry Meeting PPPD Riau Tahun 2022
Afrizal Sintong Bupati Rohil Serahkan 978 SK PPPK Guru Tahap l Dan ll Formasi 2021
Pj Bupati Kampar: Para Mahasiswa Berikan Inovasi, Kreatifitas Dalam Membangun Daerah
Muflihun: HUT Pekanbaru Jadi Momen Bersinergi Dengan Semua Pihak
Bupati Rohil Afrizal Sintong, Minta Seleksi Bujang Dan Dara Dilaksanakan Secara Ketat
Pj Wako Pekanbaru Muflihun Buka Bazar UMKM Di Pekan Raya Tenayan Raya
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun Buka Sosialisasi Pendidikan Etika Dan Budaya Politik
Bupati Afrizal Dan Wabup Rohil Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kabupaten Rohil Di Pekanbaru
Afrizal Sintong Bupati Rohil Resmikan Pembakaran Replika Kapal Tongkang Tahun 2022
Pj Walikota Turun Langsung Iringi Kirab Dan Display Drumband IPDN
Pj Wali Kota Pekanbaru: Minta Dinas UKM Berserta Camat Dan Lurah Dukung Promosi Produk UMKM
Muflihun Pj Walikota: Harapkan Dukungan Media Dalam Menjalankan Kegiatan Pemko
Polresta Pekanbaru Bagikan 650 Paket Bansos
Pemkab Nias Barat Serius Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Para Nelayan
Kamsol Pj Bupati Kampar Terima Kunjungan Pengurus REI Riau
Terkait Korupsi Dana Anggaran Proyek 2013-2015, MA Hukum Terdakwa Bayar Kerugian Negara Rp114 Miliar
Dewan Pers Dengan Tegas: Yang Penting Media Yang Bersangkutan Berbadan Hukum PT
Jawaban Pemerintah, Atas Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Kampar Terkait RPP APBD Kampar TA 2021
Paripurna DPRD Kampar Terkait RPP APBD Kampar Tahun Anggaran 2021
Paripurna DPRD Kampar Terkait RPP APBD Kampar Tahun Anggaran 2021
PT. SHJ Lepas Tangan Atas Meninggal Tenaga Kerjanya, Lalu Siapakah Yang Bertanggunjawab...?
Bupati Rohil Serahkan SK Pengangkatan CPNS Formasi Tahun 2021
Pemprov. Riau
LSM GERHANA: Akan Segera Laporkan Kegiatan APBN Khususnya Jalan Nasional Wilayah Riau
Edi PPK 2.4: Belum Pernah Tau Barapa Dana Anggaran Yang Sudah Dibayarkan Kepada Rekanan

Rabu, 08/06/2022 - 10:15:02 WIB
Edi PPK 2.4: Belum Pernah Tau Barapa Dana Anggaran Yang Sudah Dibayarkan Kepada Rekanan
 ***
 
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, (MTNC) - Media Sebagai salah satu kontrol sosial yang telah diamanatkan oleh UU, yakni UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan UU KIP No. 14 Tahun 2008,  jajaran Dirjen PUPR. yakni di BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional), Wilayah Prov Riau.

Hal ini. Terkait kegiatan BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional), Wilayah Prov Riau. Team Pimpinan Redaksi Mediatransnews.com dan Kanalkini.com, yang melayangkan Konfirmasi tertulis  seputar  paket pekerjaan Proyek Jalan Nasional wilayah diantaranya Bagan Jaya-Rumbai Jaya, Tempuling hingga Tambilahan (kota), dengan nomor: 013/RED-MTN/KB/PKU/V/2022, dengan lampiran foto lokasi kegiatan, perihal konfirmasi untuk berita.

Dalam pantauan media ini bersama tim yang langsung investigasi di lapangan pada tanggal 28/05/22, yang mana menemukan beberapa hal atau 
kejanggalan. antara lain;

Pada pelaksanaan di lapangan, tidak jelasnya titik kegiatan yang di kerjakan juga sistim pelaksanaannya dan prioritas yang di kerjakan, juga tidak terlihat plang atau papan nama proyek, hal menduga untuk mengelabuai masyarakat untuk mengetahui kegiatan tersebut.

Temuan lain tim saat di lapangan, menemukan pengaspalan tambal sulam tanpa di awasi dari dinas terkait, tanpa pecing, pengaspalan jalan yang sangat tipis dan hanya dilapis dengan badan jalan sebelumnya, dan hal lain seperti badan jalan yang sudah rusak parah namun belum di lakukan pemecingan dan pengaspalan.

Edi PPK 2.4. Jalan Nasional Bagan Jaya-Kota Tambilahan, dengan rekanan PT. Naga Mas yang dipimpin oleh Topo. Dalam penjelesan Edi jawab konfirmasi media. Rengat-Tambilahan sebagian bukanlah jalan nasional,  peket penanganan yang dilaksanakan adalah preservasi jalan bagan jaya-rumbai jaya-tempuling-tambilahan kota jalan Baharudin Yusuf dan jalan M Boya dengan total panjang ruas jalan nasional sesuai SK menteri PU Tahun 2015, sepanjang 43,62 KM. 

Dengan rincian Bagan Jaya-Rumbai Jaya 6,47 Km, Rumbai Jaya-Tempuling 11,16 Km, Tempuling-Tambilahan 21,49 Km dan Jalan Baharudin Yusuf 3,4 Km, jalan M.Boya 1 Km. Dengan penangan jalan tersebut, penangan rutin jalan, rehabilitas jalan, jembatan dan hal lain sesuai Best yang termasuk dalam RAB. Papar Edi.

Namun kegiatan yang dimulai dari februari hingga awal juni 2022 ini, ketika media menanyakan berapa persen preastase yang telah di kerjakan dan sudah berapa dana anggaran yang telah di bayarkan kepada rekanan/kontraktor..?. Edi menjawab dengan singkat. Sampai saat ini dirinya belum tau dan belum pernah tau berapa uangnya, karena saya hanya melajutkan. Lalu media bertanya lagi, apa pak Edi sebagai PPK tidak ada serah terima dengan PPK sebelumnya...? Hingga turun berita ini, belum ada jawaban dari pak Edi selaku PPK.

Anehnya lagi pantauan media ini, beberapa kantor PPK kegiatan proyek jalan nasional yang berserak kemana-mana alias tidak berkantor di kantor yang telah di sediakan oleh pemerintah. Seperti Kantor Edi PPK 2.4,  yang berkantor di salah satu ruko di jalan Rahmat Sari-Tangkerang, Kec. Bukit Raya-Kota Pekanbaru, anehnya di lantai dasar ruko tersebut bisnis usaha Geme Online, sementara kantor PUPR BBPJN II Satker Prov Riau beralamat di Sidimulio, Kec. Tampan Kota Pekanbaru dan Kantor BPJN Riau berkantor di Jalan Pepaya Kota Pekanbaru.

Di tempat terpisah, Ir. Tomy F M, SH, dari LSM Gerhana. Penggiat anti korupsi, mengatakan. Sangat menyayangkan pihak BPJN ke tidak transparan dan terbuka kepada publik, terkait progres dan tata cara pengelolaan anggaran yang bersumber dari dana anggaran APBN tersebut. 

Lanjut Tomy, sebenarnya kita tau. Ratusan miliar bahkan sampai triliun anggaran APBN Khususnya Kegiatan jalan yang telah dialokasikan di wilayah riau. Kita dari LSM bersama teman-teman media, marilah bersama-sama mengawal dan mengawasi anggaran APBN ini khususnya yang di alokasikan di wilayah riau ini. Ucapnya, senin, 6/6/22, di salah satu tempat di jalan sudirman pekanbaru.

Tambah Tomy. Mengatakan kepada media, beberapa kegiatan proyek APBN dalam beberapa tahun terakhir, kita dari LSM sedang mengumpulkan data-data untuk akan kita buat laporan, karena dalam pantauan kita juga di beberapa titik kegiatan Proyek APBN di wilayah riau khususnya proyek jalan, bahwa banyak dalam pelaksanaan tidak sesuai harapan masyarakat riau. Tegasnya. (TIM/MTNC) *** Bersambung


Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved