30 Mahasiswa UGM Laksanakan KKN Di Kampar

Pj Bupati Kampar: Para Mahasiswa Berikan Inovasi, Kreatifitas Dalam Membangun Daerah

Pj Bupati Kampar: Para Mahasiswa Berikan Inovasi, Kreatifitas Dalam Membangun Daerah ***
BANGKINANG, (MTNC) - Mahasiswa Universitas Gadja Mada melakukan Pengabdiannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kampar tepatnya di Dua Desa, selaku Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM memberikan Penyambutan serta Pengarahan kepada Mahasiswa Universitas Gadja Mada yang mengabdi kepada masyarakat selama 50 Hari, Senin (27/6/2022).

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar di pasangkan rompi Kebesaran Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Oleh Ketua Kagama Riau Dr. h Khaidir, MM. 

Turut hadir Kepala Bappeda Ardi Mardiansyah, Kepala Dinas PMD Lukmansyah Badoe, Camat Bangkinang Kota Minda, Kades Kumantan Masri Dalami, Kades Ridan Permai Kamarudin, Dosen Pembimbing KKN UGM Ir. Fadli Kasim , Ketua Kagama sekaligus Tokoh Masyarakat dan Penasehat Provinsi Riau Dr. h. Khaidir, Ketua BPS Kampar Guswandi dan tamu undangan Lainnya. 

Pj Bupati Kampar Dr. Kamsol, MM mengatakan bahwa sebanyak 30 Mahasiswa UGM Yogyakarta melakukan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Kampar tepatnya di Desa Ridan Permai dan Desa Kumantan Kecamatan bangkinang kota  yang dibutuhkan saat ini adalah talenta-talenta muda yang penuh inovasi dan kreatifitas untuk membantu pemerintah daerah mengembangkan potensinya. 

Kepada seluruh mahasiswa Kampar dimanapun berada kami berharap berikan ide, pemikiran membangun untuk kemajuan pembangunan dan kemasyarakatan " Kata Kamsol. 

Dr. H. Kamsol menambahkan bahwa kegiatan yang akan di laksanakan adalah membantu desa dalam pemetaan partisipatif. Pemetaan partisipatif merupakan pemetaan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat mengenai tempat ataupun wilayah dimana mereka hidup dan berada, sebab yang melakukannya masyarakat yang memang memiliki pengetahuan mendalam mengenai wilayahnya, maka tentu saja pemetaan partisipatif diharapkan berakurasi tinggi. 

“Peran mahasiswa UGM akan terlibat aktif dalam pemetaan partisipatif yang dimaksud. Perlu diketahui bahwa hasil dari pemetaan partisiptif tersebut nantinya akan menjadi bagian dari data Geospasial Kabupaten Kampar.” ungkapnya”. 

“Data Geospasial ini diinformasikan bahwa bekerja sama dengan badan informasi Geospasial (BIG). Aplikasi dalam bentu Portal Online sebagai fasilitas penghubung simpul jaringan informasi Geospasial daerah (JIDG)”.ungkap kamsol”. 

“Pj Bupati Kampar berpesan saudara mahasiswa KKN UGM yang melaksanakan kuliah kerja nyata dikecamatan Bangkinang Kota, Agar dalam melaksanakan Pemetaan Partisipatif ini dapat melakukan secara akurat, sehingga informasi data yang dihimpun baik primer maupun sekunder dapat dipertanggung jawabkan.”tutup Kamsol”. 

Sementara itu pembimbing KKN Fadli Kasim Universitas Gadjah Mada rutin setiap tahun mengadakan program KKN. KKN UGM bertujuan untuk menciptakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. “Ungkap Fadli Kasim”. 

Masing-masing kecamatan ada dua desa sebagai lokasi KKN, yang akan melaksanakan pengabdian di Desa Ridan Kecamatan Bangkinang Kota dan Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota. Selama 50 hari dimulai Senin (25/6/2022) hingga 13 Agustus 2022 mendatang.”ungkap Fadli Kasim”. 

“Selama 50 hari ini, mahasiswa yang berjumlah 30 peserta ini akan mengabdikan diri di 2 kecamatan, membantu masyarakat dan desa mengembangkan diri pada masing-masing potensinya.”ungkap Pembimbing KKN Fadli”.(Red) ***

Sumber: Kmf
TERKAIT