Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 05 Oktober 2022
INDEX BERITA

HUT Kab. Rohil Ke- 23, Bupati Rohil Ajak Seluruh Elemen Bersama Bangun Daerah
Kasmarni Bupati Bengkalis, Siap Berantas Kemiskinan Ekstrem Di Negeri Junjungan
Afrizal Sintong: Besarnya Rasa Cinta Dan Kepedulian Terhadap Budaya Melayu Riau
Melalui Rapat Peripurna DPRD Pelalawan APBD-P Tahun 2022, Disahkan 1,9 Triliun
Tim Voli Kuala Alam Berhasil Raih Juara 1 Turnamen Bola Voli AHY CUP 2022
Kombes Pol Pria Budi, Kapolresta Pekanbaru Menyambangi Masyarakat Kampung Dalam
Bupati Rohil Afrizal Sintong, Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila Ke- 57
Pemkab Bengkalis Dan Kota Dumai Akan Membangun 19 Pilar Batas
Bupati Rohil Afrizal Sintong Menyambut Baik Apa Yang Dihimbau Oleh Presiden Joko Widodo
Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, Sangat Mengapresiasi Kinerja DPRD Kampar
DPRD Kampar Sahkan APBD Perubahan TA 2022 Sebesar Rp 2,587 T
Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun Pimpin Pemusnahan Sabu Dan Pil Ekstasi
Marzali Camat Kulim Diduga Persulit Warga Tandatangani SKGR
Febriza Luwu Anggota DPRD Dapil ll Kabupaten Bengkalis Melepaskan Pawai Taaruf
Polres Bengkalis Tangkap ED, Yang Diduga Pelaku Perdagangan Manusia Ke Malaysia
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Teken MoU Rancangan APBD-P TA 2022
Bupati Rohil Afrizal Sintong Wujudkan Mimpi Masyarakat Air Hitam
Ketua DPRD H.Khairul Umam Hadiri Sertijab Pengadilan Agama Bengkalis
Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Dapil II Zuhandi, S.Pi Menghadiri pawai Taaruf
Rp 1,9 Miliar Lebih Biaya Meubeler Di Mapolsek Payung Sekaki, Diduga Mubajir
Bupati Rohil Afrizal Sintong Lantik Pengurus IKA-ROHIL Kabupaten Bengkalis
Paripurna Perubahn APBD Kab. Bengkalis Tahun 2022, Di Sahkan Sebanyak Rp. 4.508 Triliun
Yasona H Laoly Mankuham RI Laksanakan Berbagai Kegiatan Di Kota Pekanbaru-Provinsi Riau
Yasona H Laoly , Ephorus BNKP Dan Pdt Resort 60, Resmi Letakan Batu Pertama Pemban Gereja BNKP
Kasmarni Bupati Bengkalis Buka MTQ Ke XXIV Tingkat Kecamatan Di Rupat
Rokan Hilir
Ribuan Masa Buruh Di Rohil Bakal Kepung Kantor Gubernur Riau
Bupati Rohil: Saya Bekukan Kepengurusan Dua Kubu SPTI Jelang Ada Keputusan Dari Pengadilan

Kamis, 15/09/2022 - 12:44:16 WIB
Demo Buruh ***
 
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, (MTNC) - Ribuan buruh Serikat Pekerja Transpor Indonesia (SPTI) akan gelar demonstrasi di Kantor Gubernur Riau, pagi ini. Kamis, 15/9/22.

Aksi demonstrasi besar-besaran ini dilakukan menyusul terjadinya konflik dualisme kepengurusan SPTI di Rohil sejak beberapa bulan lalu yang sempat menimbulkan bentrok fisik melukai 20 orang buruh.

Dikabarkan saat ini masa buruh SPTI pimpinan Fuad sedang bergerak menuju Kota Pekanbaru menggunakan sejumlah kendaraan. Aksi ini kabarnya tidak saja diikuti oleh massa buruh dari Rohil, namun juga solidaritas dari daerah lain. 

Ketua Umum DPP KSPTI-KSPSI dikabarkan yang akan memimpin langsung jalannya demonstrasi dan sudah berada di Pekanbaru.

Salah satu pentolan aksi demo, Sahri menyatakan, unjuk rasa akan dimulai pukul 10 pagi ini dengan konsentrasi massa dipusatkan di Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

"Sebagian massa sudah tiba di Pekanbaru dan selebihnya ada dalam perjalanan," kata Sahri kepada salah satu media. Kamis pagi, 15/9/22.

Ia menyatakan, aksi demonstrasi memiliki 4 agenda tuntutan pokok. Yakni desakan agar Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong mundur dari jabatannya. Afrizal diduga menjadi pemicu dan penyebab terjadinya dualisme kepengurusan SPTI di Rohil.

Soalnya, Pemkab Rohil melalui Dinas Tenaga Kerja telah mencatatkan kepengurusan SPTI diduga tandingan di bawah kepemimpinan Hijrah. Padahal, sebelumnya sudah ada kepengurusan SPTI yang terdaftar di bawah kepengurusan Fuad.

Selain itu, Pemkab Rohil juga diduga telah membuat surat edaran kepada sejumlah perusahaan agar bekerja sama dengan SPTI kepengurusan Hijrah. Disebut-sebut Hijrah adalah adik dari Afrizal yang artinya diduga Afrizal (Bupati) rohil. Jelasnya Sahril.

"Kami mendesak agar pencatatan SPTI kubu Hijrah dicabut karena bertentangan dengan aturan dan ketentuan perundang-undangan," tegas Sahri.

Sebelumnya, beberapa pekan lalu, Bupati Afrizal Sintong sempat melakukan pembekuan dua kepengurusan SPTI di Rohil. Langkah ini menyusul deadlock-nya mediasi yang dilakukan Polres Rokan Hilir usai terjadi bentrok berdarah di Baganbatu.

Mediasi yang gagal kemudian berujung demonstrasi buruh SPTI pimpinan Fuad ke Kantor Bupati Rohil. Namun, lagi-lagi dalam pertemuan perwakilan SPTI dengan Bupati Rohil tidak menemukan kesepakatan.

Dampak dari konflik dan bentrok dua kubu kepengurusan SPTI di Rohil sempat membuat kegiatan bongkar muat barang di Rohil terganggu. Khususnya aktivitas bongkar muat logistik dan bahan pangan.

Saat ini, kegiatan bongkar muat barang di Rohil diambil alih oleh pengusaha dan pemilik toko. Para buruh bongkar tidak lagi bekerja di bawah payung organisasi SPTI. Mereka beraktivitas di bawah pengawasan tingakat pemerintah kecamatan dan kepolisian setempat.

Afrizal Sintong selaku orang nomor nomor 1 di pamkab Rokan Hilir, di konfirmasi madia ini. Kamis Siang, 15/9/22. Lewat Via WA pribadinya. Menjelaskan. Pada bulan lalu saat demo ratusan masa buruh dari SPTI yang diduga kubu Haji Fuad tersebut menuntut kepada Bupati Rohil supaya mencabut surat pemberitahuan bupati bernomor 560/DTK/2022/157. Saat anggota buruh Kabupaten Rohil melakukan aksi demo di depan kantor Bupati Rohil. 

Untuk menghindari terjadi bentrok fisik lagi kedua kubu pada saat itu. Maka dilakukan lah mediasi di Mapolres Rohil. Pada saat dilakukan mediasi yang dihadiri oleh pimpinan ketua SPTI masing masing kubu. Saat itu, saya meminta kepada dua kubu untuk melakukan bergiliran pekerjaan bongkar muat supaya tidak ada lagi terjadi bentrok. Tapi kubu yang di pimpin Haji Fuad bersikeras pada pendirian nya dan tidak mau bekerja sama untuk digiliran pekerjaan bongkar muat.

Maka dengan itu, "Untuk menghindari terjadi korban berjatuhan, maka saya bekukan kepengurusan dua kubu SPTI tersebut yang ada di Rohil. Menjelang ada keputusan dari pengadilan nanti nya, Jelas Afrizal. 

Lanjut Afrizal, namun terkait masalah buruh di lapangan silakan bekerja, akan tetapi tidak ada mengatasnamakan SPTI lagi DPC FSPTI-KSPSI kubu H. Fuad dibawah DPP kubu Surya Batubara dan kubu Hijrah dibawah naungan DPP CP Nainggolan. Tapi atas nama masyarakat, bekerja sama lah dengan perusahan, camat dan lurah setempat. Tutupnya. (Red) ***

Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved