Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 05 Oktober 2022
INDEX BERITA

HUT Kab. Rohil Ke- 23, Bupati Rohil Ajak Seluruh Elemen Bersama Bangun Daerah
Kasmarni Bupati Bengkalis, Siap Berantas Kemiskinan Ekstrem Di Negeri Junjungan
Afrizal Sintong: Besarnya Rasa Cinta Dan Kepedulian Terhadap Budaya Melayu Riau
Melalui Rapat Peripurna DPRD Pelalawan APBD-P Tahun 2022, Disahkan 1,9 Triliun
Tim Voli Kuala Alam Berhasil Raih Juara 1 Turnamen Bola Voli AHY CUP 2022
Kombes Pol Pria Budi, Kapolresta Pekanbaru Menyambangi Masyarakat Kampung Dalam
Bupati Rohil Afrizal Sintong, Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila Ke- 57
Pemkab Bengkalis Dan Kota Dumai Akan Membangun 19 Pilar Batas
Bupati Rohil Afrizal Sintong Menyambut Baik Apa Yang Dihimbau Oleh Presiden Joko Widodo
Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, Sangat Mengapresiasi Kinerja DPRD Kampar
DPRD Kampar Sahkan APBD Perubahan TA 2022 Sebesar Rp 2,587 T
Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun Pimpin Pemusnahan Sabu Dan Pil Ekstasi
Marzali Camat Kulim Diduga Persulit Warga Tandatangani SKGR
Febriza Luwu Anggota DPRD Dapil ll Kabupaten Bengkalis Melepaskan Pawai Taaruf
Polres Bengkalis Tangkap ED, Yang Diduga Pelaku Perdagangan Manusia Ke Malaysia
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Teken MoU Rancangan APBD-P TA 2022
Bupati Rohil Afrizal Sintong Wujudkan Mimpi Masyarakat Air Hitam
Ketua DPRD H.Khairul Umam Hadiri Sertijab Pengadilan Agama Bengkalis
Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Dapil II Zuhandi, S.Pi Menghadiri pawai Taaruf
Rp 1,9 Miliar Lebih Biaya Meubeler Di Mapolsek Payung Sekaki, Diduga Mubajir
Bupati Rohil Afrizal Sintong Lantik Pengurus IKA-ROHIL Kabupaten Bengkalis
Paripurna Perubahn APBD Kab. Bengkalis Tahun 2022, Di Sahkan Sebanyak Rp. 4.508 Triliun
Yasona H Laoly Mankuham RI Laksanakan Berbagai Kegiatan Di Kota Pekanbaru-Provinsi Riau
Yasona H Laoly , Ephorus BNKP Dan Pdt Resort 60, Resmi Letakan Batu Pertama Pemban Gereja BNKP
Kasmarni Bupati Bengkalis Buka MTQ Ke XXIV Tingkat Kecamatan Di Rupat
Rokan Hilir
Butuh Kerjasama Dan Sinergi Seluruh Warga Rohil
Sanimar Afrizal Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Kabupaten Rohil

Jumat, 16/09/2022 - 13:20:20 WIB
Sanimar Afrizal Saat Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Kabupaten Rohil ***

 
TERKAIT:
   
 
ROHIL, (MTNC) - Sanimar Afrizal yang merupakan istri Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong diangkat dan dikukuhkan sebagai Bunda Literasi/Baca Kabupaten Rohil yang dikukuhkan secara langsung oleh Bupati Rohil. Pengukuhan yang diselenggarakan di Gedung Misran Rais, Jl. Utama, Bagansiapiapi, tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Riau Dra. Mimi Yuliani, Sekda Rohil H. Ferry Hendra Parya, dan Unit Kodim 0321 Rohil Letda Inf. SM Sitompul, para Kepala OPD, Camat se-Rohil, serta berbagai unsur lainnya. Rabu, (14/9/2022).

Bunda Literasi Rohil Sanimar Afrizal dalam sambutannya meminta dukungan dari semua pihak dalam mengemban amanah yang telah diberikan sebagai Bunda Literasi/Baca Kabupaten Rohil. Konsentrasi awal terdapat pada program pengembangan budaya minat baca dan pembudayaan perpustakaan, salah satunya melalui pengembangan perpustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif, riset dan penelititan, "Untuk mensukseskan ini semua, saya butuh kerjasama dan sinergi seluruh warga Rohil bagi terbangunnya sinergitas seluruh elemen dalam rangka menumbuhkembangkan semangat Literasi masyarakat," ujarnya.

Harapan atas dikukuhkannnya Bunda Literasi Rohil ini ialah agar terciptanya sinergi yang senantiasa berkelanjutan antara perpustakaan dengan Tim Penggerak PKK baik di Tingkat Kabupaten hingga ke Kecamatan dan Desa sampai dengan Dasa Wisma. Tujuan yang akan dicapai oleh Bunda Literasi adalah untuk mencerdaskan masyarakat tentunya dapat tercapai melalui program dan kegiatan yang strategis. Literasi harus dimaknai lebih luas, tidak hanya sebatas kegiatan baca tulis, namun lebih lanjut mengembangkan ilmu pengetahuan ke dalam karya-karya yang bernilai ekonomis.

Sejalan dengan hal tersebut, Sanimar juga meminta hendaknya Bunda Literasi di wilayah Kecamatan mampu mengajak guru PAUD sebagai garda terdepan untuk turut serta meningkatkan minat baca sejak usia dini, serta menumbuhkan minat anak untuk bersekolah, "Upaya ini hendaknya dibarengi dengan jalinan kerja sama yang dilakukan secara multi pihak, dalam rangka mencari cara untuk menekan angka anak putus sekolah, dan menangani dengan baik anak-anak yang sudah putus sekolah pada usia sekolah," lanjutnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nasir dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Sanimar Afrizal yang baru saja diangkat sebagai Bunda Literasi Kabupaten Rohil. Beliau menyarankan Bunda Literasi harus berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak seperti pemerintah daerah, Dinas Perpustakaan, penggerak PKK dan seluruh Kecamatan, Kepenghuluan serta sekolah baik tingkat TK, SD serta SMA, "Sebab Bunda Literasi ini merupakan salah satu organisasi yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan gemar membaca, sehingga harus lebih bersinergi dengan dinas perpustakaan, " ucapnya.

Rohil mempunyai 1.053 institusi pendidikan mulai dari PAUD, Playgroup, kelompok bermain, TPS, TPA kemudian SD, SMP, SMA serta SMK yang tentunya telah mempunyai perpustakaan meski belum terakreditasi.Sehingga, Kadis Perpustakan Prov. Riau meminta dan mengajak Bupati Rohil serta OPD terkait agar Perpustakaan diberikan perhatian khusus. Sebab, dengan adanya perpustakaan maka anak-anak akan mendapatkan informasi yang menyeluruh.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya juga turut memberikan ucapan selamat kepada Bunda Literasi yang baru saja diangkat dan dikukuhkan. Bupati menerangkan, gerakan literasi merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat sinergitas antar pelaku literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan minat baca,"Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menuju Generasi Emas Indonesia Tahun 2045," ungkapnya.

Bupati menjelaskan bahwa pengukuhan Bunda Literasi yang dilakukan pada hari ini sebagai sebuah kebutuhan dan hendaknya dimaknai daerah agar seluruh arah program dan kebijakan dapat terwujud secara efektif dan efisien yang bermuara pada indeks kegemaran membaca dan meningkatnya literasi masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan komitmen antara pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat melalui OPD untuk menyusun program kerja dalam rangka mendukung sehingga indeks gerakan literasi dan budaya baca literasi masyarakat terus meningkat. (Sup/Un) ***

Sumber: Kmf

Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved