Semarakkan Rohil Bertanjak Sebagai Wujud Apresiasi Seni

Afrizal Sintong: Besarnya Rasa Cinta Dan Kepedulian Terhadap Budaya Melayu Riau

Afrizal Sintong: Besarnya Rasa Cinta Dan Kepedulian Terhadap Budaya Melayu Riau. ***
ROHIL, (MTNC) - Dewan Kesenian Daerah (DKD) bersama para seniman mengadakan acara apresiasi seni bertanjak dalam rangka Sampena Hut ke-23  Tahun 2022, di Bagansiapiapi, (1/10/2022).

Kegiatan diawali dengan pemakaian Tanjak oleh Bupati dan Wakil Bupati sebagai simbol sekaligus pembukaan Rohil Bertanjak secara resmi.

Dalam sambutanya, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa besarnya rasa cinta dan kepedulian terhadap budaya melayu Riau, ditunjukkan dengan inisiasinya pada gerakan "Bertanjak", dimana Tanjak adalah simbol dan ciri khas budaya melayu Riau yang kini harus kita budayakan dan lestarikan.

"Sungguh momen yang sangat luar biasa pada tahun ini kita dapat kembali semarakkan Rohil Bertanjak, tentu saja ini merupakan wujud kepedulian dan rasa bangga kita sebagai masyarakat yang tinggal di daerah melayu Riau khususnya pada Kabupaten Rohil dapat melangsungkan kegiatan ini," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Sulaiman juga mendukung penuh kegiatan ini karena dapat membangkitkan kembali kecintaan masyarakat akan budaya melayu serta tradisi lama mulai terwujud di masa yang akan datang.

"Dengan berlangsungnya kegiatan Rohil Bertanjak ini tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat melayu Riau, terkhusus juga bagi masyarakat Rohil," ucapnya.

Beliau berharap kedepanya Rohil Bertanjak ini dapat berkelanjutan dan dapat lebih di semarakkan kembali baik dari kalangan anak muda maupun pada seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Acara Rohil Bertanjak ini juga dimeriahkan oleh Roslan Madun dari Negara tetangga yakni Malaysia, serta para seniman, budayawan, tokoh, dan pemerhati adat Melayu dari seluruh Daerah Provinsi Riau.

Pada kesempatan ini juga turut hadir, Asisten 1 dan 2, seluruh Kepala Dinas beserta jajaranya. (Red/Sup/Un) ***

Sumber: Kmf

TERKAIT