Butuh Perhatian Pemda

Miris Infrastruktur Jalan 4 Desa di Kampar Putus

Relazan Izin Pekanbaru saat menyerahkan bantuan untuk desa yang terisolir ***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Desa lubuk bigou adalah salah satu yang paling jauh dari 4 desa yang kini terisolir dari keramaian. Jalan yang terputus karena longsor , dan banjir yang melanda di desa- desa ini.

Kondisi di desa ini sudah sangat memprihatinkan. Karena rusaknya infrastruktur jalan menuju desa ini. Relawan Rumah Zakat dalam hal ini berisiatif untuk mensurvey lokasi yang terletak di Kampar kiri hulu. Untuk mencapi desa yang jauh ini biasanya bisa d tempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

"Tapi sekarang sudah tidak lagi bisa ditempuh karena putus totalnya jalan via lipat kain menuju desa ini jika melintasi lipat kain,"ujar Fajri Sabti Selaku Korel RZ pekanbaru.

Dan satu satunya jalan yang bisa mencapai lokasi terisolir ini, hanya dengan melitas via Sumatra barat. Relawan RZ pekanbaru mencoba melalui jalan via sumbar, jalan ini melalui tanjung pati sari lamak kabupaten lima puluh kota.

Dan dengan catatan , jalannya tidak semulus yang dikira. Untuk mencapai desa paling terakhir bisa di lalui mobil untuk membawa bantuan sebanyak 810 KG saja jalannya sudah susah.

Ada beberapa titik jalannya yang sudah amblas setengah, ada beberapa titik jalannya kecil dan berjurang. Sessampai di desa terakhir yang bisa dilalui mobil ( desa di Sumatra barat, bukan desa terisolirnya) semua barang harus di turunkan. Dan diangkut oleh ojek masyarakat yang langsung di coordinator oleh ketua pemuda 4 desa ini yaitu Arika.
 
Untuk 1 kilogram beras saja warga harus merogoh kocek dalam, dimana harga beras Rp30 ribu perkilonya. Sementara harga jual karet yang merupakan sumber penghasilan warga hanya dihargai Rp. 3000/KG. Artinya dibutuhkan 10 kg karet untuk membeli beras 1 kg.

Saat ini, akses jalan yang masih bisa dilewati yakni dari Sumatera Barat.Jorong Buluh Kasok adalah bagian dari sumbar yang paling jauh Bisa bisa diakses mobil, dengan catatan 4 KM beraspal dan 10 KM hancur.Dari desa Buluh Kasak ke Lokasi desa yang terisolir hanya berjarak lebih kurang 13 KM dengan situasi jalan hancur parah dan sempit.

Menggunakan mobil Off road pun tidak bisa. Kondisinya jalan ini pun juga parah, jalan mendaki menurun berbatu terjal. Dan berbatas jurang yang cukup dalam. Bukan main ngerinya perjalan ini, menanjak bisa sampai 75 derajat kemiringannya.Satu-satunya akses transportasi yang bisa digunakan ialah dengan menggunakan motor Trail.

"Beras bantuan sebanyak 810 kg yang kami belanjakan pagi tadi (Jum'at, 15/1/2016) di Payakumbuh ini kami angkut menggunakan truk, sebisa mungkin kami usahakan mencapai titik terdekat dengan lokasi. Selanjutnya bersinergi bersama warga, beras-beras ini kami bawa kelokasi,"ujar Fajri selakku koordinator Relawan RZ Pekanbaru.

Rencananya Relawan RZ dan masyarakat akan bergotong royong kelak untuk memperbaiki jalan yang rusak ini, jika kondisi sudah kondusif.

"Ayo sama sama kita bereskan ini, karena desa ini sangat perpotensi dari segi alamnya,"ujar fajri sabti korel RZ Pekanbaru.(urc/mk)***

TERKAIT