Upaya Pemadaman Yang Di Lakukan

Patroli Gabungan Melaksanakan Pengecekan Titik Api Di Desa Sei Sarik

Patroli Gabungan saat Melaksanakan Pengecekan Titik Api Di Desa Sei Sarik***
MEDIATRANSNEWS, KAMPAR - Personil Gabungan TNI - Polri serta dari PT.PSPI  melaksanakan pengecekan titik api diwilayah Desa Sei Sarik Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar . Kuat dugaan hutan sengaja dibakar untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit. Danpos Kampar Kiri Serma A.H.Nasution menjelaskan Lahan yang terbakar merupakan Hutan dan lahan semak belukar.

Patroli gabungan yang dipimpin Kapolsek Kampar Kiri Kompol Jon Firdaus secara langsung melakukan Pemantauan di lapangan. Dari kegiatan tersebut team patroli menemukan  Lahan yang telah terbakar dgn  Luas +_ 7 Ha , namun api sudah padam.

Pemilik Lahan  diketahui bernama Suyatno 60 tahun yang beralamat di Desa Sei Sarik  yang bekerja sebagai petani , lahan yg terbakar telah di Polis line dan 2 potong  kayu yg terbakar  diamankan Polsek sbg barang bukti. Saat ini  sedang dalam proses penyelidikan Polsek Kampar Kiri.

Di lahan terbakar Team Gabungan juga menemukan adanya upaya penumbangan kayu untuk pembersihan lahan. Tampaknya lahan tersebut akan ditanami kelapa sawit. Sebab, di kawasan hutan itu tampak sebagian besar sudah beralih fungsi menjadi kebun kelapa sawit.

Menurut Serma A.H.Nasution, setelah dilakukan pengecekan di lokasi kebakaran itu, diketahui bahwa area yang terbakar sebenarnya terletak di perbatasan Desa Balung  Kecamatan Koto Kampar yang berbatasan langsung dengan Dusun Bayan Desa Sei Sarik Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar (Riau).

Untuk menjangkau lokasi kebakaran terbilang sulit. Hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, terlebih Hutan dan semak belukar serta Berbukit-bukit yang tingginya mencapai 1 Kilometer dan cukup curam.

Namun A.H.Nasution menambahkan, upaya pemadaman telah dilakukan dengan bantuan dua unit Helikopter Waterbombing pada hari Sabtu 01 juli 2017  pukul 14.00 Wib  Proses pengambilan air dilakukan di Desa Sei Sarik."Hingga saat ini api dilahan tersebut telah padam dan hanya  meninggalkan sedikit kepulan asap putih," katanya.(P031WB)***

TERKAIT